Menggunakan komputer dengan posisi yang benar

| Selasa, 11 Februari 2014

Cara Menggunakan Komputer Dengan Posisi Yang Benar




Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar
1.      Pandangan Mata
Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandangan  focus ke layer monitor, di sarankan agar monitor memiliki layar anti silau, atau memakai kaca mata berwarna.
2.      Posisi Tubuh
posisi tubuh yang kurang tepat dapat membuat kita kurang nyaman di depan komputer. Oleh karena itu carilah kursi yang dapat menyangga punggung dan memebuat kaki menjangkau lantai. Siku dan lutut harus membentuk sudut 90° serta duduk harus tegak. Letak keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga gerakan lengan dan jemari dapat mengurangi ketegangan otot dan persendian.
Paha dalam posisi horizontal dan punggung baigian bawah atau pinggang terdukung. Tanpa ini, punggung dan pinggang kita akan berpotensi mendapatkan gangguan. Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat di beri bantal. Telapak kaki kita harus dapat menumpu secara rata dilantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard. Apabila tidak dapat maka kursi tersebut mungkin terlalu tinggi dan kita dapat memanfaatkan penyangga kaki. Kadang – kadang ubahlah posisi dudukmu selama bekerja, duduk dalam posisi tetap dalam jangka lama akan memepercepat ketidaknyamanan.
3.      Letak Pergelangan Tangan, Jemari Tangan Dan Lengan
pada saat mengetik, pastikan bahwa letak pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang. Hal ini dilakukan untuk menghindarai penyakit repetitive strain injury / penykit radang sendi disebabkan bila sedang bekerjamouse dan keyboard pada posisi yang tidak benar.
4.      Beristirahat
Beristirahatlah selama 10 menit bekerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lain juga istirahat.
sumber:http://dzulfikarwildan.blogspot.com/2012/11/cara-menggunakan-komputer-dengan-posisi.html

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲